Detail Berita

Image

Fakultas Sastra Universitas Dr. Soetomo (FS Unitomo) menggelar kuliah tamu di Gedung A ruang RM. Soemantri, Kamis (5/12). Kuliah tamu yang mengusung tema “Pendidikan Luar Negri : Australia” ini mendatangkan Yanri Ramdhano, Presiden Persatuan Pelajar Indonesia Victoria University (PPIAV).

Dalam kuliah tamu yang diikuti sekitar 50 mahasiswa dari Program Studi Bahasa Inggris FS, Yanri memberikan motivasi mahasiswa Unitomo untuk semangat mengejar beasiswa dan berkuliah di luar negeri, salah satunya di negara Australia. Yanri telah membuktikan bahwa anak bangsa mampu dan bisa mengejar cita cita di luar negeri. “Yakinlah, kita bisa wujudkan cita-cita untuk kuliah di luar negeri”, ujar Yanri.

Dalam Kuliah tamu ini Yanri menggerakan pikiran para peserta bahwa kuliah di luar negri sangatlah mudah asalkan memiliki kemauan dan menentukan sikap untuk memulainya. Dalam paparannya, Yanri menjelaskan kembali bahwa mayoritas tes beasiswa selain toefel adalah menulis esay. “Kurikulum di Australia berbeda dengan Indonesia, Australia lebih membiasakan mahasiswa tugas menulis dan meriview dengan syarat tanpa plagiat, karena di Australia telah memiliki alat pendeteksi plagiat”, ungkapnya.

Yanri menambahkan, sebagian besar kampus di Australia merupakan ajang bisnis, dan masyarakat Australia tidak  memikirkan status pendidikan negeri atau swasta. “Kampus di Australia merupakan aset negara terbesar, semua kampus bertaraf Internasional jadi untuk kompetensi bisa diandalkan, dan nantinya ilmu yang diserap dapat diaplikasikan untuk membangun bangsa ini”, pungkasnya.