Detail Berita

Image

Rabu (15/01), Universitas dr Soetomo (Unitomo) membuka Pusat Layanan Kesehatan (PLK) untuk menunjang prodi Ilmu Kesehatan. Dalam pusat layanan kesehatan ini disiapkan dokter umum, ibu dan anak, serta Baby Spa. Dalam kesempatannya, Rektor, Bachrul Amiq menyampaikan, PLK akan melayani donor darah bagi mahasiswa, serta pegawai dari SMP Dr. Soetomo, SMA Dr. Soetomo, SMK Unitomo serta pegawai Unitomo. "Jadi ini untuk mengembangkan prodi ilmu kesehatan yang ada di Unitomo seperti bidan serta teknologi bank darah”, Ungkapnya usai meresmikan PLK di Lantai 1 Gedung H.

Ke depan, Bachrul Amiq berharap PLK bisa mengembangkannya tidak sebatas hanya bagi pelajar dan pegawai di Unitomo saja. Melainkan juga bisa melayani masyarakat umum di sekitar kampus dan sekolah Unitomo. Lebih lanjut, Rektor menjelaskan, PLK sudah berkerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) serta menjadi tujuan rujukan awal sebelum perawatan intensif. "Tapi sementara masih untuk mahasiswa dan pegawai saja", imbuhnya.

Sementara, Kepala PLK, Yustisia Amalia menjelaskan saat ini PLK menangani penanganan awal dan belum bisa untuk rawat inap. “Jadi kami akan memberikan reverensi rumah sakit atau puskesmas terdekat”, ujar dokter berjilbab ini.

Yustisia Amalia menambahkan, dalam PLK ada beberapa ruangan yang memang dikhususkan untuk layanan kesehatan serta baby spa. “Ada ruangan tindakan hingga tempat untuk bayi berenang setelah di pijat. Kami juga melengkapi beberapa peralatan untuk tindakan awal”, pungkasnya.