Detail Berita

Image

Rabu (15/07), Fakultas Sastra (FS) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar Kuliah Umum dengan mengangkat tema “Reformasi Pola Hidup Jepang; Menjadi Masyarakat Unggul dan Modern”. Kegiatan dilaksanakan secara Daring atau online menggunakan zoom meeting sebagai media pertemuan.

 

Mengawali kegiatan, Wakil Rektor I, Siti Marwiyah mengungkapkan kegiatan ini bisa memberikan wawasan bagi peserta agar mendapat refrensi bagaimana memelajari budaya dari sisi pola hidup. “Ini menarik, karena kita juga perlu memelajari pola hidup dari budaya asing untuk memperkaya refrensi agar pribadi bisa berkembang”, ungkapnya.

 

Kegiatan yang diikuti sekitar 300 partisipan ini menghadirkan Susi Ong, Guru Besar Universitas Indonesia sebagai Keynote Speaker. Dalam paparannya, Susi Ong mengatakan saat inii Jepang dikenal sebagai negara maju yang dianggap sejajar dengan negara-negara maju di Eropa dan Amerika. “Kita perlu memelajari konsep pola hidup orang jepang yang telah berusaha keras menyesuaikan diri dengan standar negara-negara maju di Eropa dan Amerika”, jelasnya.

 

Susi Ong menambahkan, Jepang menjadi negara maju dan tidak serta merta begitu saja. Jepang telah melakukan reformasi budaya untuk bisa sejajar dengan negara-negara maju di Eropa dan Amerika. “Dalam reformasi budayanya, Jepang menyadari dan mengakui bahwa budaya rakyat Jepang masih buruk, sehingga ketahanan Nasional lemah, inilah yang membuat Jepang lebih mempertegas target, membangun Jepang yang baru dengan budaya baru agar menjadi budaya yang unggul”, imbuhnya.

 

Sementara itu, Susi menegaskan, pola hidup Jepang perlu dipelajari untuk mambangun karakter pribadi masing-masing, khususnya untuk memperkuat konsep budaya unggul yang rajin, hemat, disiplin dan sebagainya. “Kita juga memiliki budaya yang kuat, namun apa salahnya bila kita memelajari budaya pola hidup Jepang untuk menjadi masyarakat yang unggul dan modern”, pungkasnya.