Detail Berita

Image

Senin (27/07), Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo (FIA Unitomo) bekerja sama dengan School of Government Universiti Utara Malaysia (SoG UUM) menggelar Webinar Internasional dengan mengangkat tema ”Initialing the Alternative Model of Policy & Strategy for the Recovery of the Tourism Sector as the Impact of Covid-19 Pandemic. Kegiatan dilaksanakan secara Daring atau online menggunakan zoom meeting sebagai media pertemuan.

 

Mengawali kegiatan, Dekan FIA, Amirul Mustofa mengungkapkan kegiatan ini bisa sebagai ruang diskusi dalam menggagas model alternatif kebijakan dan strategi untuk pemulihan sektor pariwisata sebagai dampak Pandemi Covid-19. “Sebagai pemerhati kebijakan publik, Ini akan menjadi penting bagi kita dan peserta dalam memahami polemik yang sedang terjadi di tengah pandemi”, ungkapnya.

 

Kegiatan yang diikuti sekitar 300 partisipan ini menghadirkan Rifai, Deputy of Rehabilitation and Reconstruction Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai keynote speaker. Dalam paparannya, Rifai mengatakan perekonomian global pada Triwulan I/2020 diperkirakan mengalami kontraksi setelah penyebaran Covid-19 yang bermula dari Wuhan, Tiongkok, pada akhir tahun 2019 ke seluruh dunia. Ekonomi beberapa mitra dagang Indonesia terkontraksi sebagai akibat adanya pembatasan aktivitas dan lockdown untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. “Kami berharap bila sektor pariwisata mulai kembali bergerak dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan, ini akan menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dalam membangun desa tangguh di sektor pariwisata dalam situasi pandemi ini”, jelasnya.

 

Menganggapi Rifai, Andi Yuwono, Chairman of Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) mengatakan saat ini kondisi pariwisata tertolong melalui masing-maing pelaku jasa pariwisata memiliki keterampilan membuat produksi bidang pariwisata. “Bila hanya jasa pariwisata, tentu selama pandemi masyarakat di sekitar secara ekonomi akan mati total. Kita selama ini telah mengedukasi agar memiliki kemampuan produksi dalam sektor pariwisata”, jelasnya.

 

Sementara itu, dalam kegiatan ini turut hadir sebagai narasumber lain diantaranya Hendro Wardhono, Dosen FIA Unitomo; John Afendi Ibrahim, Dekan SoG Hospitality & Event Management UUM; Eny Maryati, Dosen FIA Unitomo; Azlizan Talib, SoG UUM; Shariffah Aemee Dianna Syed Mohamed, Langkawi Development Authority (LADA) Kedah Malaysia; Khoirul Anwar, CEO Times Indonesia; dan Muhammad Fauzi Mokhtar, Edutourism – STHEM UUM.