Detail Berita

Image

Meskipun di beberapa belahan daerah Indonesia masih dilanda pandemi covid-19, nyatanya tak menyurutkan motivasi salah satu unit kegiatan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) yang tergabung dalam Teater “KU”. Sabtu (08/08) menyelenggarakan lomba Deklamasi Online Tingkat Nasional. Kegiatan ini diikuti oleh 71 peserta wakil dari sekolah yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Gresik, Lamongan, Malang, Klaten, Tapin, Samarinda, Bengkulu, dan Tangerang.

Menurut ketua pelaksana lomba Nabil Syahrul Azis, kompetisi deklamasi online nasional ini merupakan agenda terobosan Teater “KU” untuk terus berkreasi memasyarakatkan serta mengakomodasi  kemampuan seni membaca puisi dikalangan pelajar SMA/MA se Indonesia. “Musim pandemi tidak menyurutkan tekat kami untuk menyelenggarakan even nasional ini. Tentunya dengan proses pelaksanaannya yang berbeda mulai dari pendaftaran, pengiriman dan seleksi video deklamasi kami menggunalan sistem online,” ujar mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa & Sastra ini.

Menurutnya  tahap pendaftaran  dan  pengiriman  video  deklamasi telah dilaksanakan mulai dari 24 Juni 2020 lalu sementara penyeleksian dimulai dari tanggal  31 Juli sampai dengan 01 Agustus 2020 lalu.

 “Untuk memudahkan proses penilaian oleh juri serta mematuhi kaidah protokol covid-19, kami menggunakan sarana instagram dan aplikasi Zoom dengan beberapa juri dari kalangan akademisi dan seniman teater yang mempunyai kompetensi di bidang sastra Indonesia dan seni baca puisi”, imbuh Nabil.

Dari  hasil  penilaian lomba deklamasi tersebut akhirnya diputuskan oleh dewan juri Juara 1 diraih  M. Deni Maulana dari SMAN 1 Cianjur Jawa Barat, dan Juara 2 diraih Mohammad Sa'idun Nadlif dari MAN 1 Lamongan, serta Juara 3 diraih oleh Akhmad Risky Rahmadani dari SMAN 1 rantau Tapin Kalimantan Selatan. Sedangan rekannya Nor Hikmah yang juga dari SMAN 1 Rantau mendapatkan predikat penghargaan sebagai peserta terkreatif, dan untuk penghargaan peserta terfavorit jatuh pada Putri Nihayatut Thoyyibah dari SMA Hidayatus Salam Gresik.

M. Deni Maulana dari SMAN 1 Cianjur peraih Juara 1 Lomba Deklamasi

sedang membawakan puisi karya Sutardjo Calzoum Bachri yang berjudul "Tanah Air Mata"

Link Youtube : https://youtu.be/to3v2sB2LgU

 

Dekan FKIP Unitomo Dr. Hetty Purnamasari, M.Pd.

Persembahan Deklamasi Online kolaborasi antara alumni Teater KU,

anggota aktif Teater KU dan perwakilan peserta Deklamasi Online Nasional

 

Sementara itu dalam kesempatan sambutan Hetty Purnamasari Dekan FKIP Unitomo mengaku sangat bangga dan mengapresiasi terobosan kegiatan lomba deklamasi nasional oleh Teater “KU” ini.

"Kegiatan  lomba ini  merupakan sebuah adaptasi kebiasaan baru yang harus mulai kita biasakan guna menyesuaikan kondisi pandemi saat ini. Menurut saya panitia berhasil menciptakan rasa aman dan nyaman para siswa SMA peserta lomba  untuk tetap berprestasi  tanpa  khawatir  terpapar Covid-19," tutur Hetty.

“Kegiatan ini  adalah juga merupakan sarana promosi mengenalkan FKIP Unitomo untuk khalayak umum di luar Jatim dan telah kami suport untuk para pemenang mendapatkan hadiah berupa uang pendidikan, e-sertifikat juara, dan beasiswa potongan DPP sebesar 50%. Selain pemenang, peserta yang belum beruntung juga mendapatkan e-sertifikat dan beasiswa potongan DPP sebesar 50%. Semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” tambah Dekan FKIP ini. (AGBAR)