Detail Berita

Image

Minggu, (30/8), Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar Kompetisi Olahraga Elektronik atau Esport Series 1 untuk jenis game "Mobile Legend". Bertempat di Kantin Unitomo, kegiatan diikuti 120 siswa yang terbagi dalam 24 tim siswa SMA/SMK/MA sederajat negeri maupun swasta. "Ini pertama kalinya dalam sejarah, kampus Unitomo menggelar kompetisi yang banyak digandrungi kaum milenial saat ini. Mungkin banyak yang memandang negatif ketika anak bermain game, namun ketika sudah berkompetisi seperti ini, gamers memiliki sisi positif yakni tentang manajemen tim, fokus,dan mengatur strategi", ungkap Wakil Rektor IV, Meithiana Indrasari saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

 

Meithiana menambahkan, meski antusias dari peserta luar biasa, namun ia mengingatkan untuk  tetap menjaga protokol kesehatan saat pertandingan. "Kami salut dengan panitia yang tetap dengan menerapkan protokol secara disiplin untuk memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan", imbuhnya mengapresiasi panitia.

 

Lebih jauh Suyanto, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan yang hadir dalam kegiatan mengatakan berencana menjadikan Esport sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Unitom. "Apalagi ini kan sudah menjadi cabang olahraga prestasi resmi yang sudah dipertandingkan mulai dari PON, Sea Games, ASIAN Games, serta Olimpiade. Bahkan sudah masuk Koni juga kan?", ujarnya.

 

Ditemui di sela kegiatan, Teguh Adi Putranto, ketua pelaksana kegiatan menjelaskan Kompetisi Esport dilakukan setengah kompetisi untuk memerebutkan juara 1, 2, dan 3. "Kompetisi ini sendiri berlangsung dengan menggunakan sistem gugur, mulai babak penyisihan hingga semifinal. Selanjutnya di semifinal hingga final menggunakan sistem bertemu", jelasnya.