Detail Berita

Image

Lomba kreasi video pendek terkait sosialisasi dan edukasi saat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Kebencanaan Pencegahan Covid-19 telah berakhir. Dan kini panitia lomba sudah menetapkan lima pemenang dari  puluhan peserta yang ikut lomba ini. Senin  (07/09)  hadiah bagi para pemenang diserahkan langsung Rektor Universitas Dr. Soetomo Surabaya (Unitomo).

Salah satu program kerja yang diusung Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPM) Unitomo KKN Tematik Kebencanaan Pencegahan Covid-19 lalu adalah melombakan ide kreatif mahasiswa untuk membuat video untuk membantu mempermudah sosialisasi dan edukasi penggunaan program Inarisk.

“ Sangat luar biasa capaian mahasiswa peserta KKN ini dan sebagai rektor saya sangat mengapresiasi LPM Unitomo yang tidak ada matinya terus berinovasi mengembangkan program KKN ini,”ujar Bachrul Amiq

“Konten video yang kalian buat sangat komunikatif bagi kaum milenial. Kreativitas ini jangan berhenti  sampai di sini. Harus terus di kembangkan,” pesan pesan Amiq dalam sambutannya di sesi penayangan video para pemenang di ruang Proklamasi.

Juara pertama pembuatan video pendek tentang cara dan manfaat penggunaan aplikasi Inarisk ini diraih Teguh Dwi Putranto mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Unitomo yang mengangkat tema cara penggunaan aplikasi Inarisk. Dia memperoleh hadiah pembinaan berupa uang tunai Rp 1,5 juta.

Juara kedua diraih Bella Aria Kusuma mahasiswa dari Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Unitomo dengan video tentang Sosialisasi Inarisk di Masyarakat. Dia mendapatkan hadiah pembinaan berupa uang tunai Rp 1,250  juta.

Sedangkan juara ketiga diraih Moch. Agus Salim dari Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Unitomo dengan video tentang Edukasi Inarisk di masyarakat. Mahasiswa ini menerima hadiah pembinaan berupa uang tunai Rp 1 juta.

Dan untuk peserta mahasiswa lainnya yaitu  Deli Nauli Nasution mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) meraih Juara ke-4 dan Hamdani meraih juara ke-5 masing-masing mendapatkan hadiah pembinaan berupa uang tunai Rp. 750 ribu dan Rp. 500 ribu .

Lomba pembuatan video pendek ini merupakan salah satu upaya edukasi dan promosi lewat program aplikasi Inarisk  yang digagas Unitomo kerjasama dengan BNPB. Ajang ini mendapat sambutan dari mahasiswa peserta  KKN Unitomo. Beberapa video diterima panitia untuk diseleksi.

Ditemui di sela-sela acara penyerahan hadiah yang juga dihadiri Wakil Rektor I- Siti Marwiyah dan Sekretaris LPM- Vieta Cornelis ini Ketua Tim Juri lomba Kreasi Video Budiyono menjelaskan bahwa penilaian dari video ini berdasarkan konten yang harus berisi nilai promotif dan komunikatif.

“Promotif disini berkaitan dengan substansi manfaat aplikasi Inarisknya sedangkan sedangkan dari sisi komunikatifnya video ini harus bisa mengedukasi masyarakat secara praktis tentang pencegahan pandemi Covid-19, “kata dosen FIA Unitomo ini.

“Pesan dan tampilan videography  para peserta ini cukup menarik, beberapa video ketika diseleksi masih banyak kekurangan terutama dalam hal kriteria dan editingnya. Maklumlah mungkin karena keterbatasan kemampuan mengolahnya sehingga hasilnya masih belum begitu memuaskan. Semoga kedepan kreativitas mahasiswa Unitomo bisa berkembang lebih baik lagi,”pungkas Budiyono (AGBAR)

Link Video Para Pemenang :

1. Pemenang Ke-1 Sosialisasi dan Edukasi Penggunaan Aplikasi Inarisk, karya : TEGUH DWI PUTRANTO Mhs. FIKOM Unitomo

2. Pemenang Ke-2 Sosialisasi Inarisk di Masyarakat, karya Bella Arya Kusuma Mahasiswa FIA Unitomo

4. Pemenang ke-3 Sosialisasi dan Edukasi Aplikasi Inarisk, Karya Moh Agus Salim

3. Pemenang ke 4 Sosialsisasi dan Edukasi Aplikasi Inarisk karya Delia Nauli Nasution Mhs. FEB Unitomo