Detail Berita

Image

Kamis (17/12), Sebagai upaya mewujudkan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang Kampus Merdeka, Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) bersama Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Komisi Nasional Pendidikan (Komnasdik) Jawa Timur melaksanakan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Bertempat di Kampus Unesa Lidah Surabaya, ketiganya bersinergi mewujudkan kebijakan dari Mas Menteri yang diluncurkan sejak Januari lalu.

 

Dalam kesempatannya, Kunjung Wahyudi, Ketua Komnasdik Jatim mengatakan MoU yang dilakukan dengan kedua perguruan tinggi merupakan yang pertama kalinya di Jawa Timur. “Ini semangat luar biasa dari pihak perguruan tinggi untuk mewujudkan kapus merdeka, sesuai arahan mas menteri, hal ini bentuk lanjutan dari konsep merdeka belajar”, ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Bachrul Amiq, Rektor Unitomo menyambut baik sinergisitas antara perguruan tinggi dengan Komnasdik Jatim. Dengan demikian, kampus bisa memiliki otonomi dalam pembentukan program studi (prodi) baru dan  rekareditasi yang bersifat otomatis. “Kerja sama harus dilakikan, kita tidak bisa sendiri menyelesaikan persoalan yang ada”, ungkapnya.

 

Sementara itu, Nurhasan, Rektor Unesa mengungkapkan, bersama dengan Unitomo dan kampus – kampus lainnya yang nantinya terjalin kerja sama akan konsen pada mutu pendidikan. “Melalui sinergitas kolaborasi dengan semua elemen, mari kita ciptakan sumber daya manusia yang unggul untuk Indonesia maju”, jelasnya.