Detail Berita

Image

Menginjak masa semester genap tahun akademik 2020-2021 ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) resmi kembali menerima mahasiswa angkatan ke-2 Program Studi (Prodi) S-3 Manajemen Strategik dan  Manajemen Pemasaran.

Seremonial peresmian dan penerimaan mahasiswa program doktoral manajemen dilangsungkan  pada Jumat (21/05) di auditorium FEB gedung H lantai IV kampus Unitomo yang dihadiri Rektorat, para Guru Besar FEB serta Dekan dan pejabat struktural di lingkungan FEB Unitomo.

Acara seremonial peresmian yang berlangsung secara luring dan daring ini juga dihadiri mahasiswa S-3 Manajemen angkatan ke-2 dan sebagian dari mereka mengikuti acara ini secara daring melalui aplikasi Zoom.

Dalam laporannya Ketua Program Studi S-3  Prof. Dr. Aminullah Assagaf, SE. MS, MM, M.Ak. mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat yang mempercayakan Unitomo sebagai tempat studi lanjut program doktornya. “Bukan hanya sekedar trend tapi terus terang peminatnya banyak bahkan melebihi kuota. Untuk angkatan ke-2 Semester genap ini untuk sementara kami hanya menerima 11 mahasiswa, sehingga total jumlah mahasiswa S-3 bila digabung dengan angkatan ke-1 semester ganjil lalu adalah 20 mahasiswa.” Ujar doktor bidang manajemen keuangan ini.

Menurutnya karena prodi ini masih baru maka dalam tata kelola akademik harus diupayakan sisi kualitasnya agar semua mahasiswa S-3 dapat terlayani pengajarannya dan bimbingannya dengan maksimal. “Untuk jumlah mahasiswa S-3 kami saat ini sudah memenuhi kuota karena sudah mencukupi dari jumlah profesor  yang nantinya akan menjadi promotor dan co promotor dengan demikian nantinya dari sisi kualitas lulusan kami harapkan lebih terkonsentrasi dan unggul”, papar Aminullah

Sementara itu, Rektor Unitomo dalam sambutannya yang diwakili oleh Wakil Rektor III  Dr. Ir. Suyanto, MM  mengatakan pentingnya pihak fakultas untuk lebih memperhatikan sisi kualitas penyelenggaraan program doktoral ini agar lebih kompetitif lagi. “FEB sebaiknya tidak hanya berkonsentrasi dari sisi penerimaan mahasiswa baru S-3 manajemen saja tapi harus lebih berinovasi lagi untuk mencari peluang lain dari pengelolaannya baik dari sisi input, proses dan outcome lulusan prodi ini. Misalnya untuk tahun depan perlu dijajagi dan dirintis untuk pembukaan prodi S-3 akuntasi”,kata Suyanto.

Menurut Suyanto pula bahwa di Unitomo sudah ada beberapa fakultas yang sudah siap untuk membuka program doktoral diantaranya Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Administrasi karena sudah mendapat rekomendasi dari senat universitas.“Kedepan universitas akan selalu suport terutama dalam mendorong percepatan SDM dosen terkait jabatan fungsional dosen yang masih lektor agar bisa segera ke lektor kepala maupun guru besar terutama untuk menunjang proses belajar mengajar khususnya prodi S-3 Manajemen ini dan juga persiapan pembukaan program doktoral prodi-prodi fakultas lainnya”,imbuh doktor ilmu ekonomi pembangunan ini

Seperti yang diketahui setelah proses seremonial penerimaan mahasiswa S-3 program doktor manajemen ini acara kemudian dilanjutkan dengan kuliah matrikulasi perdana mata kuliah manajemen pemasaran yang langsung diampu secara daring dan luring oleh Dr. Meithiana Indrasari, ST, MM.