Detail Berita

Image

Selasa (20/07), hari raya Idul Adha 1442 Hijriah telah tiba, berbeda dari tahun – tahun sebelumnya, kegiatan penyembelihan dan pembagian hewan kurban sangat dibatasi dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes) secara ketat karena masih dalam masa pandemi. Termasuk di Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, yang setiap tahunnya digelar secara meriah hingga hadirnya mahasiswa asing, kali ini nuansa penyembelihan hewan kurban dilaksanakan secara internal. Rudy Santosa, Ketua Pelaksana Pelaksana Idul Adha mengatakan suasana tahun ini harus benar-benar memerhatikan segala aturan yang ada. “Bahkan untuk sholat ied kami himbau kepada seluruh jamaah untuk di rumah saja”, ujarnya saat ditemui di sela penyembelihan hewan kurban.

 

Rudy menambahkan, meski di tengah pandemi Unitomo tetap melaksanakan penyembelihan hewan kurban yang terdiri dari 10 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Dosen Fakultas Teknik ini memastikan kegiatan yang digelar memenuhi prokes secara ketat. “Pelaksanaannya tentu dengan mengkaji aturan pemerintah, dan yang kami laksanakan ini hanya melibatkan panitia yang terbatas. Namun, pembagiannya insyaallah kami antarkan sesuai alamat sasaran penerima daging kurban yang sudah kami data jauh-jauh hari”, imbuhnya.

 

 

Sementara itu, Siti Marwiyah, Rektor mengungkapkan meski tidak bisa hadir secara langsung, kegiatan yang dirancang panitia berjalan dengan lancar sesuai rencana. “Plus minus pasti ada, namun seluruh panitia telah bekerja keras untuk menyelenggarakan kegiatan ini sebaik mungkin. Bahkan, saya tetap bisa melihat suasana penyerahan hewan kurban hingga penyembelihan melalui daring”, ungkap Doktor Bidang Hukum ini.

 

Iyat, sapaan akrab Siti Marwiyah menuturkan meski di tengah masa sulit seperti ini, Unitomo tetap bisa berbagi kebaikan melalui kegiatan pembagian daging hewan kurban ke seluruh dosen dan karyawan hingga masyarakat sekitar kompleks taman pendidikan Dr. Soetomo. “Semoga rasa syukur dengan berbagi kebaikan melalui pembagian daging hewan kurban ini dapat memberikat banyak berkah dan manfaat bagi penerimanya”, pungkasnya.