Detail Berita

Image

Kamis (19/08), Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Press menggelar Webinar dan Peluncuran Book Chapter Abdimas bertajuk “Persembahan Unitomo untuk Negeri”. Kegiatan Webinar yang mengusung tema “Penulisan Book Chapters dan Diseminasi BC Metode Riset Akuntansi Multiparadigma” sepenuhnya berlangsung secara daring dengan menggunakan zoom meeting sebagai media pertemuan dan juga live streaming melalui youtube chanel Unitomo.

 

Kegiatan yang diikuti sekitar 300 peserta ini dibuka langsung oleh Rektor, Siti Marwiyah. Dalam sambutannya, Iyat sapaan akrab Siti Marwiyah menyampaikan kegiatan ini sangat bagus untuk memicu peserta dalam menyusun buku ilmiah. “Kedepannya semoga makin banyak karya-karya yang bisa dipersembahkan, sehingga Unitomo Press makin kaya dengan karya bersifat ilmiah seperti ini”, ungkapnya.

 

Dian Ferriswara, Direktur Unitomo Press mengatakan book chapter yang diluncurkan dalam webinar merupakan kolaborasi dari berbagai perguruan tinggi. “Buku ini berisi 10 bab yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi empat bagian. Bagian pertama, terdiri dari satu bab menawarkan penggunaan metode posmodernisme yang menggunakan budaya Jawa dalam riset. Bagian kedua, teridiri dari empat bab yang menguraikan tentang metode riset yang menggunakan berbagai aliran dalam paradigma kritis.  Bagian ketiga, satu tulisan tentang metode fenomenologi yang merupakan salah satu aliran dalam paradigm interpretif. Terakhir, bagian keempat berisi empat bab yang menjelaskan tentang metode penelitian akuntansi dalam paradigma positivism”, terangnya.

 

Dian menambahkan kegiatan webinar menghadirkan seluruh penulis book chapter sebagai narasumber untuk menjelaskan masing-masing bab yang ada di dalamnya. Beberapa narasumber di antaranya Lilik Purwanti, Direktur Keuangan dan Akuntansi Badan Usaha Akademik (BUA) Universitas Brawijaya; Hamidah, Ketua Badan Pengawas Internal Universitas Airlangga; Nur Sayidah, Wakil Rektor IV Unitomo; Sri Pujiningsih, Ketua Editor Jurnal Akuntansi Aktual yang dikelola oleh program studi Akuntansi Universitas Negeri Malang; Anantawikrama Tungga Atmadja, Guru Besar Universitas Pendidikan Ganesha; Darwis Lannai, Ketua Audit Mutu Internal Universitas Muslim Indonesia (UMI); Haryanto, Tenaga Ahli Keuangan Daerah Sumbawa Besar NTB; Syamsuri Rahim, Wakil Dekan III FEB-UMI; Zaki Baridwan, Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Akuntan Universitas Brawijaya (UB); dan Wita Ramadhanti, Pelayanan Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM).