Detail Berita

Image

Minggu (22/08), Program Studi (Prodi) S1 Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Dr. Soetomo (FS Unitomo) menggelar Talkshow dengan mengangkat tema “Berbincang Santai Bersama Mitra Prodi Sastra Jepang Unitomo”. Kegiatan yang sepenuhnya dilaksanakan secara daring atau online menggunakan zoom meeting dan live streaming youtube sebagai media pertemuan ini dibuka langsung Wakil Rektor IV, Nur Sayidah.

 

Dalam sambutannya Nur Sayidah mengatakan kegiatan yang diikuti sekitar 300 peserta dari berbagai kalangan ini sebagai ajang untuk mengenal lebih dekat Prodi Sastra Jepang. “Bagi peserta talkshow jangan sia-siakan kesempatan ini, Prodi Sastra Jepang telah mendatangkan beberapa mitra yakni PT. JIPA, IFECE, MARIMO, PT. TENSAN, dan PT. OS SELNAJAYA sebagai narasumber. Jadi, berkuliah di prodi ini tidak hanya memelajari tentang bahasa Jepang saja, namun juga memelajari budaya hingga memberikan jejaring untuk bisa belajar dan magang di perusahaan tingkat internasional”, ungkapnya.

 

Sebagaimana disebutkan Wakil Rektor IV dalam sambutan, Dekan FS, Cicilia Tantri Suryawati menerangkan kegiatan ini menghadirkan Etsuko Fukuoka, Direktur PT. Japan Indonesia Program Akademik (JIPA) Group; Kondo Yoshio, Presiden Direktur International Foundation of Educational and Cultural Exchange (IFECE); Aldo Kristanto, HRD Internasional Marimo Holdings; Vivi Imayati, Direktur Pelaksana PT. Tensan Indonesia; Rebecca Librian, Recruitment Consultant PT. OS Selnajaya Indonesia sebagai narasumber. “Mereka yang hadir merupakan praktisi hebat dari perusahaan mitra dengan jejaring internasional, bahkan satu diantaranya yakni Vivi Imayati merupakan alumni Prodi S1 Sastra Jepang angkatan tahun 2000. Dalam kegiatan ini, para mitra akan membuka kesempatan bagi kita yang menginginkan untuk bisa bergabung, tentu dengan standar-standar kualitas yang sudah ditentukan”, jelasnya.

 

Sementara itu, Etsuko Fukuoka, Direktur PT. JIPA Group salah satu narasumber mengatakan kegiatan ini bisa mensinergikan kurikulum hingga kegiatan kemahasiswaan.“Kami sangat membuka kesempatan bagi yang ingin melebarkan jejaring internasionalnya melalui JIPA, tentu Prodi Sastra Jepang juga akan mendukungnya secara maksimal. Karena sudah banyak mahasiswa yang telah study exchange ke Jepang bersama kami, dan mereka kini sukses bekerja di perusahaan-perusahaan bertaraf internasional seperti ibu Vivi Imayati”, Ujar wanita asal Jepang ini.