Detail Berita

Image

Senin (18/10), Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) bekerjasama dengan Ok Oce INA Makmur (OOINAM) menggelar webinar “Pelatihan Penyusunan Business Plan”. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Nur Sayidah, Wakil Rektor Bidang Promosi dan Kerjasama ini dilaksanakan sepenuhnya secara daring atau online menggunakan zoom meeting sebagai media pertemuan dan juga disiarkan secara langsung melalui youtube channel Unitomo Surabaya.

 

Dalam sambutannya, Nur Sayidah mengatakan kegiatan ini sangat membantu mahasiswa dalam menyusun rencana bisnis yang akan dilakukan. “Selaras dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM, kegiatan ini sangat menunjang mahasiswa untuk menjadi seorang entrepreneur muda dan membuka lapangan pekerjaan”, ungkapnya.

 

Kegiatan yang diikuti hampir 300 peserta dari kalangan mahasiswa ini mendatangkan Julian Setiarsa, Kepala Bidang (Kabid.) Diklat OOINAM dan Liosten Rianna Roosida Ully Tampubolon, Dosen Pengampu Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unitomo sebagai narasumber. Dalam paparannya, Julian Setiarsa mengatakan bagaimanapun juga menyusun rencana bisnis bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki banyak manfaat praktis bagi pengelolaan dan pengembangan usaha. “Intinya business plan ini kita gunakan sebagai alat komunikasi untuk memeroleh sumber dana eksternal”, jelas pria yang akrab dipanggil Arso ini.

 

Sementara itu Liosten Rianna Roosida Ully Tampubolon mengatakan bagi pebisnis pemula saat meyusun business plan sangat perlu menganalisa posisi produk atau jasa dengan analisis Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman) atau lebih akrab sebagai Analisis SWOT. “Ini selalu saya terapkan dalam mahasiswa-mahasiswa dalam menyusun business plan, harapannya minimal dalam satu semester ada 1 atau 2 kelompok yang benar-benar menjadi entrepreneur muda yang membuka lapangan kerja”, ujar Bunda Ully.