Detail Berita

Image

Selasa (23/11), bertempat di Ruang Proklamasi lantai 2 gedung Rektorat, Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menerima kunjungan Konsul Jenderal (Konjen) Jepang. Kegiatan ini membahas berbagai hal untuk Fakultas Sastra (FS) khususnya program studi Sastra Jepang lebih dalam.

 

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan dengan adanya peran dari konjen bisa mempertahankan akreditasi FS yang saat ini sudah "A". "Dengan bersinergi bersama konjen kualitas FS Unitomo akan lebih baik lagi ", ujar Siti.

Siti berharap hubungan Konjen Jepang dan Unitomo terus bekelanjutan. "Semoga kerjasama ini tidak hanya menjadi euforia pertemuan di awal, namun kita bersama-sama segera mengimplementasikan hasil sinergi yang telah didiskusikan. Saya ingin bukan hanya sastra Jepang nantinya, namun untuk Unitomo dalam waktu dekat maupun jangka panjang", imbuhnya.

 

Sementara, Konjen Jepang, Takeama Ken Ichi menyambut baik keinginan rektor dalam sinergitas mengembangkan lembaga baik fakultas satra maupun Unitomo secara keseluruhan. "Untuk saat ini pemerintah Jepang ingin meningkatkan kerjasama dengan Indonesia yaitu pengadaan infrastruktur dan membatu pengembangan sumber daya manusia. Ini bisa menjadi kesempatan yang bagus bagi Unitomo", papar Takeama.

 

Pada sesi itu pula, Takeama berharap agar seluruh mahasiswa Unitomo memanfaatkan kesempatan yang ada. "Kami akan support bila mahasiswa ingin belajar di Jepang. Harapannya kita bisa saling bertukar mahasiswa”, kata Takeama menutup paparannya.

 

Senada dengan konjen Jepang, Tsumura Moe, Konsul Muda Bidang Pendidikan Dan Budaya dalam kesempatannya mengatakan bersedia jika diperlukan mahasiswa Unitomo untuk mengedukasi segala sesuatu yang bernuansa Jepang, baik bahasa maupun budaya. "Saya sangat senang sekali beberapa waktu lalu menjadi narasumber di webinar yang diadakan mahasiswa FS Unitomo. Dan saya siap membatu apa yang akan dibutuhkan Unitomo khususnya pada program studi Sastra Jepang" demikian pungkasnya.