Detail Berita

Image

Dalam rangka penguatan kolaborasi kerjasama internasional di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi pada Selasa (07/08) sampai Kamis (09/08) Rektor Unitomo beserta rombongan mengadakan kunjungan kerja internasional ke 4 perguruan tinggi terkemuka di Manila, Philipina.


Selama 2 hari rombongan yang dipimpin Dr.Bachrul Amiq, SH, MH rektor Universitas Dr.  Soetomo (Unitomo), dan para wakil rektor beserta 9 dekan Unitomo ini disambut hangat di masing-masing universitas oleh rektor dan pimpinan fakultas dari perguruan tinggi tersebut seperti di De La Salle Araneta University (DLSU), University of East Caloocan (UEC), dan Philipine Women’s University (PWU) serta Jose Rizal University (JRU).

Bachrul Amiq rektor mengaku sangat terkesan dengan sumberdaya manusia terutama dosen di empat  kampus swasta di Philipina ini karena disamping rata-rata usia kampus sudah berusia hampir seratus tahun tetapi sangat profesional dalam pengelolaan akademiknya seperti bidang pengajaran, kurikulum dan jurnal penelitian serta kolaborasi studi dengan dosen dan mahasiswa asing dari luar negeri. 

“Ke-empat universitas Philipina ini mempunyai karakteristik sama dengan Unitomo yang juga dibawah naungan Yayasan Pendidikan Cendekia Utama (YPCU) sama-sama mengelola pendidikan menengah dan vokasi seperti SMP, SMA, D3, S-1 sampai Pascasarjana”, Ujar Amiq

“Sebenar secara informal hubungan kami dengan beberapa Universitas ini sudah berlangsung lama karena sudah ada beberapa dosen mereka yang mengajar di FIKOM dan FEB Unitomo. Dan melalui networking kami selama dua hari secara marathon kami menjajagi kerjasama dengan mereka dan syukur Alhamdulillah telah di teken 4 MoU dan 17 MoA antara Unitomo dengan 4 perguruan tinggi itu”, Imbuhnya.

Senada dengan Rektor, Eddy Yunus Ketua Pembina YPCU pun ikut menggaris bawahi pentingnya penguatan kerjasama internasional terutama dalam kolaborasi kapasitas pengelolaan Jurnal di tingkat Prodi dan penerimaan mahasiswa asing di Unitomo. “Di Era milenial seperti ini visi dan misi Unitomo kedepan harus go internasional dan YPCU akan selalu support dalam kolaborasi akademik ini terutama menyiapkan sistem dan infrastrukturnya”,kata Guru Besar FEB Unitomo ini.

“Setelah penandatangan MoU ini nanti selanjutnya akan kami pantau terus pelaksanaan implementasinya seperti kerjasama penulisan jurnal internasional bagi para dosen dan penerimaan mahasiswa asing di Unitomo”,imbuhnya.

Ditemui disela-sela kegiatan kunjungan Meithiana Indrasari Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Promosi menuturkan bahwa perguruan tinggi yang unggul adalah perguruan tinggi yang mampu membangun jejaring (net working) berkolaborasi  dengan Perguruan Tinggi lainnya. Kolaborasi memberi kesempatan bagi perguruan tinggi dalam dan luar negeri untuk melakukan riset-riset secara bersama sebagaimana diinginkan Kemenristekdikti dan pendanaanya juga tersedia melimpah. 

“Kolaborasi juga memungkinkan perguruan tinggi mendapatkan progran beasiswa ke luar negeri dan dapat memperkuat kapasitas masing-masing menjadi kapasitas yang lebih besar dalam menciptakan inovasi dan teknologi yang lebih baik lagi sekaligus peningkatan akreditasi” ungkapnya 
“Implementasinya kedepan sudah bisa diadakan program pertukaran mahasiswa dan dosen asing, kerjasama penelitian dan publikasi ilmiah”, kata doktor enerjik ini.

“Dan Unitomo sudah membuktikan implementasi MoU yang sudah ditandatangani ini langsung mendapatkan tanggapan positif karena pada bulan September yang akan datang, pihak DLSU insya Allah akan mengadakan kunjungan balasan ke Unitomo sedangkan untuk Universitas lainya seperti JRU  langsung mengundang Unitomo untuk hadir sebagai pembicara pada Seminar Internasional mereka dalam rangka ulang tahunnya ke-100. Semoga bermanfaat  bagi dosen Unitomo”, ucap ibu wakil rektor IV ini.

Dalam kesempatan itu pula rektor Unitomo beserta rombongan berkesempatan mengunjungi beberapa fasilitas penunjang akademik seperti gym dan lapangan olahraga, kelas internasional, laboratorium, dan perpustakaan serta museum yang terdapat di kompleks 4 kampus swasta terkenal di kota Manila ini. (AGBAR).