Detail Berita

Image

Rabu (15/08), Sebanyak 200 siswa SMA/SMK se Jawa Timur (Jatim) yang tergabung dalam 36 tim mengikuti Lomba Musikalisasi Puisi yang digelar Fakultas Sastra Universitas Dr. Soetomo (FS Unitomo) berkerja sama dengan Balai Bahasa Jatim. Bertempat di Auditorium Ki. H. Moh Saleh, kegiatan ini dibuka langsung Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Bina Prestasi Peserta Didik Dinas Pendidikan Jatim, Indah Andayati. "Musikalisasi puisi akan memberikan nuansa yang harmoni dan menyentuh hati, terlebih yang dibawakan oleh siswa SMA/SMK ini akan memberikan nuansa karya seni yang penuh semangat jiwa muda", ujarnya.

Indah menambahkan, kegiatan ini menjadi wadah bagi siswa dalam mengapresiasi karya seni. "Peserta lomba akan memiliki rasa kompetitif yang baik dalam mengekspresikan seni khususnya musikalisasi puisi", imbuhnya.

Turut hadir Mustakim, Kepala Balai Pustaka Jatim mengatakan kegiatan ini menjadi inisiasi dalam menjaring Duta Bahasa. "Bersainglah secara sportif dalam kompetisi ini, kami akan memfasilitasi bagi pemenang untuk maju ke tingkat Nasional dalam Festival Musikalisasi Puisi dan menjadi Duta Bahasa", ujarnya saat memberikan sambutan.

Ditemui di sela kegiatan, Cicilia Tantri, Dekan FS mengatakan sangat bangga Unitomo bisa dipercaya menjadi tempat Penyelenggaraan Musikalisasi Puisi. "Kami merasa terhormat, Balai Bahasa menggandeng FS Unitomo menggelar Musikalisasi Puisi, ini menjadi penyemangat dalam belajar sastra Puisi", kata ibu 2 anak ini.

Sementara itu, Amin Mulyanto, Ketua Pelaksana Musikalisasi Puisi mengatakan peserta diberikan 7 pilihan puisi dari penyair Jatim dan akan dinilai dari apresiasi puisi, komposisi musik, Keselarasan puisi dengan musik, ekspresi vokal serta penampilan membawakan puisi. "Puisi yang kami sediakan ada unsur budaya lokal, hal ini untuk melestarikan potensi budaya lokal yang dieksplor dalam musikalisasi puisi", kata pria berkumis ini.

Dalam kegiatan ini, SMAN 2 Bangkalan berhasil mendapatkan juara 1 dengan perolehan poin sebanyak 269. Sedangkan Juara 2 diraih SMKN 12 Surabaya dengan poin sebanyak 262 dan Juara 3 dengan poin 246 diraih SMAN Arus Baya Bangkalan. Siti, salah satu siswa SMAN 2 Bangkalan mengaku bangga atas raihan juara 1 dalam lomba Musikalisasi Puisi Ttingkat Jatim ini. “Ini buah dari hasil latihan keras kami selama ini, kedepan kami akan lebih matangkan latihan untuk persiapan Festival Musikalisasi Puisi tingkat Nasional”, ungkap gadis berkerudung ini. (WILD)