Detail Berita

Image

Sebanyak 600 mahasiswa baru dari Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Sabtu (18/8) mengadakan kunjungan ke Markas Komando Armada II Ujung Perak Surabaya.
Kunjungan dalam rangka salah satu Kegiatan Pra Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Unitomo 2018 digelar dengan Tema : Pembangunan Karakter dan Bakti Sosial ini dipimpin langsung oleh Rektor Unitomo didampingi Para Wakil Rektor dan jajaran dekan Fakultas di Unitomo.
Rombongan Rektor yang berjumlah 63 ini disambut hangat oleh Komandan Armada II TNI AL di Dermaga Madura Ujung Surabaya.

Dalam sambutannya rektor Unitomo Bachrul Amiq didampingi jajarannya mengaku sangat berterima kasih dan mengucapkan apresiasinya dalam penyambutan yang meriah dari pihak Komandan dan jajaran Markas Komando Armada II Ujung.
Acara yang telah dipersiapkan dengan matang dari sisi fasilitas ini dengan dapat dinikmati dengan baik oleh 700 maba Unitomo yang berkunjung di sana.
“Setiap tahun kami selalu mengadakan Pra PKKMB bagi maba Unitomo. Dan untuk tahun ini kami bekerja sama dengan TNI- AL khususnya Ko. Armada II Ujung Perak Surabaya,”ujar Amiq.
“Kami percaya dengan kegiatan ship tour di kapal perang disini selain untuk memberi pengetahuan dan wawasan kepada para mahasiswa tentang kapal perang yang dimiliki TNI AL di Ko. Armada II sebagai salah satu alat pertahanan negara dan sebagai penegak kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di laut juga kami berharap dapat menambahkan rasa cinta tanah air dan terutama menyadarkan maba akan pentingnya menjaga  keutuhan NKRI”,imbuhnya.
Kegiatan yang diawali dengan upacara pembukaan di dermaga Madura yang dipimpin langsung Komandan Komando Armada II yang diwakili oleh Kolonel AL. Sigit Santosa ini berlangsung hikmat.
Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sigit menuturkan bahwa Generasi muda adalah penerus bangsa yang harus dijaga dan dibentuk rasa nasionalisme mereka terhadap bangsa dan negaranya. Sehingga budaya, pola pikir, tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila yang datangnya dari luar dan saat ini bermunculan melalui informasi yang disampaikan melalui media sosial. 
"TNI AL khususnya Komando Armada II yang memiliki tanggung jawab dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah laut Indonesia bagian tengah serta melaksanakan pembinaan territorial untuk menciptakan daya tahan wilayah terhadap setiap bentuk ancaman yang dapat mengganggu stabilitas nasional khususnya di wilayah tersebut",papar Kolonel AL ini.
“TNI AL terus berupaya menanamkan wawasan kebangsaan bagi generasi muda terutama pelajar dan mahasiswa dan dilakukan secara terus menerus dengan tujuan agar generasi muda benar-benar mengerti dan memahami wawasan kebangsaan dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi”,kata perwira asal Madiun ini. 
Usai upacara penerimaan seluruh mahasiswa baru Unitomo peserta kegiatan Pembangunan Karakter dan Bakti Sosial kemudian diminta menuju ke gedung indoor sport di komplek mako Armada II untuk mengikuti bakti sosial donor darah dan pembekalan I oleh Rektor Unitomo dan setelah itu secara berkelompok memulai kegiatan Ship Tour (wisata bahari) dengan mengunjungi beberapa kapal perang yang telah di siapkan serta museum di monumen Jalesveva Jayamahe dengan dipandu  beberapa perwira AL. Setelah wisata bahari, para maba kemudian meneruskan kegiatan di gedung PTA untuk mengikuti pembekalan pendidikan pembangunan karakter dengan materi mengenal jati diri bangsa dan wawasan kebangsaan . (AgBar)