Detail Berita

Image

Idul Adha telah tiba pada Rabu (22/08) berbagai kegiatan penyembelihan dan pembagian hewan kurban banyak di lakukan. Termasuk di Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya. Tiga mahasiswa dan pelajar asing yang belajar di Unitomo dan SMA Dr. Soetomo (Smador) mendapat pengalaman terlibat dalam pemotongan dan pembagian hewan kurban saat Idul Adha.

Ini kali pertama mereka memegang daging sapi mentah saat Idul Adha di Indonesia terutama di Unitomo. Tiga mahasiswa dan pelajar asing tersebut Claudio, Italia dengan Felix, Jerman serta Shun Takamatsu, Jepang ikut membantu proses membungkus daging qurban yang nantinya dibagikan ke masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Dalam kesempatan ini Sanhari Prawiradirja, Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi dan Vicky, Mahasiswa Fakultas Sastra Prodi Sastra Jepang turut mendampingi dan mengarahkan ketiga mahasiswa asing ini mulai dari tujuan pemberian daging kurban, menimbang hingga membungkus daging kurban. “Mereka sempat heran melihat banyak daging yang dibagikan ke warga sekitar yang membutuhkan, karena memang baru pertama kali mereka melakukannya”, ujar Sanhari usai memberikan arahan pada ketiga mahasiswa asing tersebut.

Shun Takamatsu mengaku terkesan dan kagum dengan kegiatan penyembelihan hewan qurban hingga membagikan daging ke masyarakat. “Saya sempat kaget melihat secara langsung sapi disembelih, karena di Jepang tidak ada tradisi seperti ini”, ungkap pria berambut gondrong ini.

Sementara itu, Claudio mengaku tradisi menyembelih hewan qurban memberikan kesan yang berharga untuk diceritakan ke orang tuanya yang ada di Itali. “Orang tua saya di Itali akan kaget dengan pengalaman tradisi menyembelih daging dan membagikan dagingnya ke warga kurang mampu”, ungkapnya terbata bata menggunakan bahasa Indonesia.

Menurut rencana, 2 pelajar akan menempuh studi di Smador selama 1 tahun dan 1 mahasiswa asal Jepang akan menjadi dosen Fakultas Sastra pada bulan September nanti. (WILD)