Detail Berita

Image

Senin (17/09), Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia (HUT PMI) ke 73, Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) resmi mendapatkan penghargaan dari Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Kota Surabaya atas didirikannya Program Studi Teknologi Bank Darah (Prodi TBD). Bertempat di Ruang Serba Guna UTD PMI Kota Surabaya, Rektor Unitomo, Bachrul Amiq menerima penghargaan yang diberikan langsung Hendro Gunawan, Ketua UTD PMI Kota Surabaya.

Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 200 undangan UTD PMI se Jatim, kegiatan ini mengikrarkan bahwa lulusan Prodi TBD Unitomo siap diterima 16 UTD PMI dari 37 UTD PMI yang ada di Jatim. Rektor Unitomo mengaku bangga atas penghargaan yang diberikan UTD PMI Kota Surabaya kepada Unitomo. "Kami akan semaksimal mungkin membuat mahasiswa Prodi TBD menjadi lulusan yang profesional, tentu hal ini telah kami siapkan dengan bekerja sama dengan tenaga pengajar sebagian dari UDD PMI dan RS Haji kota Surabaya", ungkapnya saat memberikan sambutan.

Dalam sambutan lain, Hendro Gunawan, Ketua UTD PMI Kota Surabaya mengatakan pihaknya memberikan penghargaan kepada Unitomo karena perguruan tinggi tersebut menjadi pelopor didirikannya Prodi TBD di Jatim. "Kami sangat mengapresiasi Unitomo, yang pertama kali mendirikan Prodi TBD di Indonesia Wilayah Timur", ujarnya.

Senada dengan Rektor, Miftahul Khairoh, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) mengatakan Prodi TBD Unitomo dirancang untuk menghasilkan tenaga tranfusi darah yang dibutuhkan untuk bekerja bank darah baik swasta maupun negri serta UTD di seluruh kabupaten atau kota yang ada di seluruh Indonesia. "Lulusan dirancang juga sebagai tenaga laboran di institusi-institusi kesehatan yang membutuhkan", kata Miftah saat ditemui di sela kegiatan.