Detail Berita

Image

Rabu (19,09), Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar Pembinaan Kegiatan Kemahasiswaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Bertempat di Ruang RM Soemantri, kegiatan ini mengangkat tema "Peningkatan Mutu PKM dalam Menghadapi Revolusi Industri ke 4".

Rektor, Bachrul Amiq yang memimpin langsung jalannya acara, mengatakan kegiatan kemahasiswaan harus memiliki kreatifitas dan inovasi yang baik. "Aspek kegiatan kemahasiswaan memiliki poin penting dalam peningkatan mutu perguruan tinggi", ujarnya saat membuka acara.

Kegiatan yang diikuti sekitar 80 mahasiswa dan Wakil Dekan 1 ini mendatangkan Didin Wahidin, Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jendral Pembelajaran Mahasiswa Kementerian Riset, Telnologi dan Pendidikan Tinggi (Dirjen Belmawa Kemenristekdikti) sebagai pembicara. Dalam paparannya, Didin mengatakan mahasiswa Indonesia sebenarnya memiliki potensi luar biasa dalam menciptakan ide kreatif, namun cenderung kurang percaya diri. "Potensi mahasiswa sangat luar biasa, namun mari bersama-sama bangun kepercayaan diri kita, yakinkan pada diri sendiri bahwa kita mampu", ungkapnya.

Didin menambahkan banyak Bidang PKM yang bisa diikuti, beberapa diantaranya bidang penalaran dan kreativitas, bidang kesejahteraan dan kewirausahaan, bidang minat bakat dan ormawa, hingga bidang penyelarasan dunia kerja. "Banyak sekali peluang yang bisa diikuti, mari tumbuhkan kreativitas dengan sentuhan teknologi serta digitalisasi untuk memersiapkan diri menghadapi revolusi industri ke 4", imbuh pria asal Sunda ini.

Sementara itu, ditemui di sela legiatan, Suyanto, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan mengatakan kegiatan ini akan menjadi pemicu mahasiswa dalam mengikuti PKM yang diselenggaralan Kemenristekdikti. "Dengan menerima arahan langsung dari direktur kemahasiswaan Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, tentu mahasiswa akan menerima refrensi dan mampu membaca peluang mengikuti PKM", ujarnya. (WILD)


Link PPT Dapat diunduh melalui:
https://drive.google.com/file/d/1lb46PvsvhhdN4GEOcKhT-D8EsIlsW76o/view